Tips Mencari Kerja Untuk Fresh Graduate


Wisuda, lulus sekolah, ataupun menyelesaikan pendidikan walau setara dengan pendidikan menengah atas menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi para pelajar dan mahasiswa. Selain sukses mendapatkan gelar, mereka juga energik untuk menginjak dunia kerja.

Namun sayang sebab terkadang semangat tersebut kendur ditengah jalan. Mereka mengeluhkan bahwa seorang fresh graduate sulit untuk menemukan pekerjaan.

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam mencari kerja bagi fresh graduate, Simak beberapa tips serta uraian singkatnya dari kami berikut ini :

• Perluas Koneksi Anda (Networking)

Coba tanyakan pada teman, maupun kolega anda yang berusia 5 tahun di atas Anda, rata-rata akan banyak sekali mengatakan bahwa mereka bisa mendapatkan pekerjaan berdasarkan informasi dan referensi dari teman, kenalan, saudara dan sebagainya.

Memang tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapat pekerjaan dari iklan atau job fair, tetapi dengan banyaknya koneksi semakin mempermudah jalan Anda untuk mendapatkan suatu pekerjaan, karena seringkali rata-rata merekalah yang lebih mengetahui informasi lowongan pekerjaan sebelum disebarkan di media iklan ataupun job fair.

• Ambil Kesempatan Yang Ditawarkan

Banyak di antara para fresh graduate yang tidak menginginkan pekerjaan yang tidak sehaluan dengan jurusan ketika sekolah ataupun kuliah.

Hal ini kembali lagi pada Anda, sebab terkadang lingkungan kerja sangat bertolak belakang jauh dengan bangku pendidikan, bahkan andai pekerjaan anda tersebut masih sealur dengan jurusan, anda tetap harus belajar lagi. Maka janganlah sia-siakan peluang yang ada di depan mata.

• Percaya Diri (Selft Confidence)

Sebaik apapun nilai Anda saat wawancara dilakukan, maka nilai tertinggi ialah dari rasa percaya diri Anda. Terlalu diam akan menciptakan kesan bahwa anda tidak percaya diri dan tidak bisa diandalkan, tetapi terlalu percaya diri akan membuat Anda tampak sombong dan sulit mengikuti peraturan.

Maka dari itu buatlah diri anda percaya diri dalam kadar yang pas. Perhatikan tingkah laku anda, dan jangan lupakan bagaimana bersikap yang baik.

Apapun dan dimanapun sebuah perusahaan tersebut, tidak selalu menilai hasil tes atau kinerja Anda, tetapi tingkah laku dan etika sangatlah penting, terlebih apabila anda masih dalam masa percobaan. Beri sapaan pada atasan dan rekan kerja Anda.

Jangan lupa menyampaikan “Tolong”, “Terima kasih”, dan “Maaf”. Ingat, sikap pribadi anda dapat memberikan penilaian apakah perusahaan akan mempekerjakan Anda seterusnya, atau berhenti walaupun nilai tes anda sangat memuaskan.

Demikian uraian singkat dari kami mengenai tips mencari kerja untuk fresh graduate, semoga bermanfaat.
Source : Forbes | Jobstreet
Load disqus comments

0 komentar

loading...