Negara Dengan Layanan Kesehatan Terbaik Di Dunia


Jurnal kedokteran The Lancet merilis susunan negara negara dengan layanan kesehatan terbaik di dunia. Kumpulan negara ini menurut indeks fasilitas, akses dan kualitas layanan kesehatan di tahun 2015.

Diantara negara negara dengan jumlah warga diatas satu juta jiwa, Swiss menduduki urutan kesatu sebagai negara dengan indeks layanan kesehatan terbaik di dunia, dibuntuti oleh Swedia dan Norwegia. Negara kecil, Andora pun masuk 10 besar sebagai negara dengan layanan kesehatan terbaik di dunia.

Sedangkan Australia di urutan ke 6, Finlandia di urutan ke 7, kemudian Spanyol di urutan ke 8 dibuntuti oleh Belanda di urutan ke 9. Sedangkan negara mode, Perancis menempati urutan ke 15. Untuk area Asia, Jepang menduduki di urutan ke 11. Sedangkan Amerika Serikat di urutan ke 35, di bawah Inggris yang menduduki urutan ke 30.

Peringkat negara negara dengan layanan kesehatan terbaik ini menurut The Healthcare Access and Quality Index, yang memperhitungkan angka kematian yang bisa dihindari atau diobati dengan baik dari 32 jenis penyakit yang kemudian dikomparasikan dengan data di tahun 1990.

Secara umum, negara negara tersebut telah sukses meningkatkan layanan kesehatan mereka, tetapi ada sejumlah negara terutama di benua Afrika dan Asia Pasifik yang masih terbelakang dalam melakukan pelayanan kesehatan yang baik untuk penduduknya.

Di samping Afganistan, Haiti dan Yaman, 30 negara yang menduduki urutan terakhir dari negara negara dengan layanan kesehatan terbaik ialah negara-negara Afrika sub sahara. Dari 30 negara tersebut, yang sangat buruk ialah Republik Afrika Tengah.

Indonesia sendiri berbarengan dengan Philipina dan Brunei dimasukan ke dalam negara negara yang gagal menambah layanan kesehatannya bila dikomparasikan dengan peradaban, pembangunan dan penghasilan per kapita yang didapatkan negara negara tersebut.

Negara negara  yang mempunyai nasib serupa dengan Indonesia ialah Botswana, Afrika Selatan dan Lesotho di benua Afrika. Namun, di negara negara ini masih mempunyai peluang yang besar untuk menambah layanan kesehatan mereka bila mengingat dari kekayaan yang dipunyai oleh negara negara tersebut.

Diantara negara negara kaya, Amerika Serikat tergolong yang sangat buruk dalam layanan kesehatan. Sebenarnya negara ini sudah menganggarkan perkiraan dibidang kesehatan yang relatif besar bila dikomparasikan dengan negara negara lain.

Antara tahun 1990 dan 2015, negara yang sangat tinggi penambahan layanan kesehatannya ialah Korea Selatan, Turki, Peru, China dan Maladewa.

32 penyakit yang angka kematiannya dihitung tergolong tuberkulosis dan penyakit drainase nafas yang lain, penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi dipteri, batuk rejan, tetanus, campak dan sejumlah penyakit kanker yang dapat diobati, serta kematian ibu dan bayi.
Sumber : dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked
Load disqus comments

0 komentar

loading...