Beberapa Langkah Sederhana Agar Tidur Lebih Berkualitas


Setiap orang ingin dapat tidur dengan lelap di malam harinya. Dan mungkin tidak sedikit dari rekan anda yang memandang tidur tersebut sebagai sesuatu yang mahal. Mengapa begitu? Karena mereka susah sekali untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Bila anda mengalami kendala tidur atau tidur anda akhir-akhir ini tidak cukup berkualitas, ikuti beberapa langkah sederhana berikut.

Cobalah disiplin dengan jadwal tidur

Pastikan anda tidur sekitar 7 hingga 8 jam di setiap malamnya. Ini ialah lamanya tidur yang direkomendasikan oleh para ahli untuk orang dewasa supaya tetap sehat. Jangan pula tidur berlebihan atau lebih dari 8 jam.

Cobalah tidur dan bangun pagi di waktu yang sama disetiap hari tergolong hari libur. Dengan menyamakan waktu tidur dan waktu bangun ini setiap hari maka tubuh terbiasa dengan siklus istirahat yang sehat.

Bila anda belum terlelap lebih dari 20 menit sesudah berbaring di tempat tidur, segera bangkit dari tempat tidur dan kerjakan hal yang menciptakan rileksasi seperti mendengarkan musik atau membaca. Kembalilah ke tempat tidur setelah anda merasa capek dan mengantuk. Lakukan hal ini berulang bila diperlukan.

Perhatikan apa yang anda makan dan minum

Jangan tidur ketika perut anda lapar. Jangan pula berangkat tidur ketika perut a da kekenyangan. Usahakan tidak makan terlalu berat beberapa jam sebelum waktunya anda tidur. Bila anda lakukan ini maka anda tidak akan nyaman ketika tidur.

Nikotine, kafein dan alkohol ialah zat stimulan yang usahakan anda hindari sesaat menjelang tidur. Ketiganya membuat anda terjaga lebih lama. Memang alkohol dapat membuat anda mengantuk, namun tidur anda tidak akan nyenyak nantinya.

Ciptakan suasana yang nyaman

Cobalah membuat suasana kamar tempat anda beristirahat yang nyaman untuk anda tidur. Tingkat kenyamanan setiap orang berbeda, tapi seringkali kamar tidur yang temaram, sejuk dan sunyi ialah kamar tidur yang nyaman. Batasi paparan layar yang terang seperti televisi dan gadget menjelang masa-masa tidur. Lebih bagus lagi anda tidak menaruh televisi di kamar tidur.

Batasi lamanya tidur siang

Tidur siang yang lama dapat menganggu istirahat anda di malam harinya. Jika anda memang suka tidur siang, usahakan lamanya tidak lebih dari 30 menit.

Jika anda terlanjur begadang untuk sebuah alasan, usahakanlah untuk tidur siang lebih sore dari biasanya sehingga anda mempunyai tabungan istirahat di malam hari.

Rutinlah bergerak

Aktivitas jasmani yang teratur adalah salah satu teknik  untuk membetulkan kualitas tidur. Tapi anda tidak boleh melakukannya menjelang waktu tidur.

Kelolalah rasa cemas dengan baik

Cobalah menjauhkan pikiran cemas menjelang waktunya tidur. Simpanlah pikiran itu dan jajaki memikirkan tersebut keesokan harinya.

Kamu mungkin perlu belajar mengelola stress untuk situasi seperti ini. Cobalah dari hal yang fundamental dahulu, misalnya menciptakan segalanya lebih teratur, dan rencanakan semua hal yang menjadi prioritas untuk anda lakukan di keesokan harinya.
Source : dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked
Load disqus comments

0 komentar

loading...