Manfaat Menekuni Hobi Fotografi


Peralatan untuk hobi fotografi memang dapat terbilang cukup mahal. Meski demikian, ternyata tidak sedikit manfaat yang bisa kita dapatkan bilamana kita menekuni kegiatan ini. Apa saja manfaat yang di dapatkan dari hobi fotografi ini ?

Dapat belajar banyak hal

Yang pertama yang akan anda dapatkan ialah berbagai ilmu yang bermanfaat. Dalam fotografi, tidak sedikit hal yang harus anda pahami, antara beda pencahayaan, teknik penambilan gambar, hingga jenis kamera dan lensa. Itu baru mengenai foto, belum lagi kalau anda sedang mencari gambar seekor hewan yang jarang muncul. Anda otomatis harus memahami kebiasaan fauna tersebut. Jadi secara tidak langsung hal tersebut nambah wawasan anda.

Belajar bersyukur

Dengan fotografi, ternyata anda juga dapat belajar bersyukur terhadap nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya, saat anda mengabadikan pemandangan suatu gunung nan estetis dan belum pernah anda lihat sebelumnya. Anda akan merasa beruntung hidup di dunia ini dan lebih bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Fotografi pun menuntut kepekaan terhadap objek foto. Untuk membidik momen yang pas dalam sebuah gambar, anda dituntut peka dan siap merespon apapun kejadian yang sedang dirasakan oleh objek yang akan anda ambil. Perlu diingat, objek foto bukan hanya pemandangan, tapi dapat juga orang-orang sekitar. Semakin terbiasa anda mengambil foto sekian banyak ekspresi orang, maka anda pun semakin mengetahui perasaan dalam hati seorang manusia.

Bisa lebih mengatur jadwal dan rencana kegiatan

Setiap hunting foto, seringkali seorang penggila fotografi akan menyiapkan sekian banyak peralatan hingga jadwal-jadwal yang harus di lakukan. Hal itu akan membuat anda terbiasa untuk menata waktu serta perlengkapan sebelum mengerjakan kegiatan apapun.

Mendapat penghasilan tambahan

Kalau hasil dari jepretan anda bagus lalu ada yang mengagumi hasil karya anda tersebut, dari sana anda bisa saja mendapat tawaran menjadi fotografer di acara resepsi pernikahan atau pra wedding. Bahkan tidak sedikit yang mendapatkan tawaran untuk menjadi fotografer sebuah majalah dan lainnya.

Nah itulah sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan saat menekuni dunia fotografi. Meskipun peralatannya dapat terbilang mahal, perlahan anda pasti dapat melakukannya. Tergantung dari niat dan ketekunan anda dalam menekuni hobi fotografi itu sendiri.

Load disqus comments

0 komentar

loading...